Mahasiswa Teknik Fisika Berkolaborasi dengan Mahasiswa SBM ITB Meraih Juara 1 Lomba Schneider Go Green 2022

Tim mahasiswa ITB, Smartfocs Indonesia Pratama, yang beranggotakan Yusiran, Herviyandi Herizal (Magister Teknik Fisika 2020) dan Sagaria Arinal Haq ( Master of Business Administration ) berhasil menyabet juara 1 pada kompetisi Schneider Go Green 2022 belum lama ini. Hal tersebut sekaligus menobatkan keduanya menjadi Country Winner Schneider Go Green 2022 dan akan mewakili Indonesia di Regional Final untuk Asia Pasifik pada Tanggal 27 April 2022 nanti.

Adapun tim SmartFOCS mengusung ide pengembangan Smart Floating Ocean Current dan Solar Hybrid Generation Power System (SmartFOCS Power) untuk membantu masyarakat pesisir yang membutuhkan listrik dengan energi baru terbarukan (EBT). SmartFOCS Power merupakan teknologi hybrid yang mengintegrasikan pembangkit listrik fotovoltaik terapung dan turbin arus laut untuk menghasilkan energi. Energi tersebut dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat di pulau-pulau kecil yang sulit diakses oleh pembangkit listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN).

 Schneider Go Green merupakan kompetisi global yang diselenggarakan oleh Schneider Electric dan AVEVA. Lomba ini diperuntukkan bagi mahasiswa untuk menumbuhkan minat dan memfasilitasi generasi muda untuk ikut ambil bagian mencari solusi dalam pengelolaan energi dan otomasi industri yang efisien dan berdampak positif terhadap lingkungan melalui Bold Idea. Schneider Go Green  pun merupakan bagian dari komitmen global Schneider Electric dalam membuka akses ke energi untuk setiap orang (Acess to Energy for Everyone)

Berita Terkait

Translate »